Ulasan Umum tentang SEO

Posted on November 21, 2008. Filed under: Computer & Internet | Tag:, , , |

Sebagai bagian dari pembelajaran saya tentang Internet Marketing, SEO adalah salah satu hal yang dianggap penting. Untuk itu bolehlah saya menuliskan sedikit mengenai yang saya tahu tentangnya. Anggap saja ini merupakan ujian untuk menjelaskan apa itu SEO.

Menurut wikipedia, SEO memiliki definisi, sbb :

SEO (Search Engine Optimization) atau optimisasi mesin pencari adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan spesifik SEO adalah menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Secara logis, alamat situs yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Nah, sangat logis bukan jika SEO berperan penting dalam kesuksesan seorang Internet Marketer. Secara umum langkah melakukan SEO adalah :

Secara umum cara2 yang di tempuh untuk mendapatkan posisi di search engine paling bagus adalah sebagai berikut :

  1. Konten yang UnikKonten/Isi adalah Raja, bagaimanapun juga hal itu tidak dapat dipungkiri. Isi yang unik, merupakan kunci tersendiri. Cobalah untuk menulis dengan gaya bahasamu sendiri, tidak sekedar meng-copy paste.
  2. Opimized keywordPastikan memilih keyword dengan tingkat persaingan sedang atau kecil, tidak perlu mencoba bersaing dengan keyword besar (misal mobile phone). Disini riset mengenai keyword sangat penting. Berikut beberapa site yang biasa digunakan untuk itu :
    FREE Wordtracker Keyword Suggestion Tool

    SEOBook Keyword Tool
  3. Page title dan meta tag yang tepat
    Meta description dan keyword akhir – akhir ini sudah mulai diabaikan oleh search engine. Hal ini disebabkan oleh penyalahgunaan yang kerap kali dilakukan para webmaster. Walau begitu tidak ada salahnya jika kita tetap memperhatikannya, siapa tahu saja suatu saat nanti algoritma SEO berubah lagi. Dan satu lagi, meta description ini akan ditampilkan dalam snippet SERP google. Jadi lumayan mempengaruhi keputusan klik dari user.
    Sedangkan page title, pengaruhnya terasa cukup besar. Untuk itu carilah page title yang efektif untuk diindeks SE, sekaligus tepat sasaran dan sesuai dengan content didalamnya.
  4. Link Building
    Adalah membuat sebanyak mungkin membuat link ke website kita dari website lain (backlink).
    Banyak cara melakukan link building, yang lazim dilakukan adalah : submit ke direktori, tukar menukar link (link exchange), menulis artikel dengan link website kita didalamnya (misal di ezinearticles.com), buat signature pada postingan kita di forum, dll.
    Lebih bagus jika kita bisa menaruh link pada website yang sudah besar (quality backlink lebih berperan daripada quantity backlink).

Lebih spesifik lagi, ada berbagai upaya lain yang harus dilakukan untuk benar – benar menerapkan teknik SEO pada site kita. Tapi satu hal yang patut diingat, tetaplah berupaya untuk tetap user/visitor oriented.

Sebagai pelengkap dari tulisan ini, kamu bisa mengunduh panduan SEO yang dikeluarkan google baru – baru ini. Panduan ringkas ini diterbitkan sebagai respon atas banyaknya pertanyaan yang masuk kepada pihak google tentang teknik SEO khusus untuk SE google.

Selengkapnya silahkan klik Search Engine Optimization Starter Guide. (Google Webmaster Central)

Make a Comment

Tinggalkan komentar

2 Tanggapan to “Ulasan Umum tentang SEO”

RSS Feed for Not Just Another Blog Comments RSS Feed

Thx atas ulasannya. Cukup mudah dicerna…. @@@Blogwalking…..

sep ah, buka jasa seo aja non


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...